(Masih) Membisu Karena Keindahan Sumba 3

Day 3 di tanah Sumba.

Abis semaleman begadang maen warewolf dan permainan psikologi macem SEGITIGA. Kami-pun niat bangun pagi buat liat sunrise. OK. Bangun pagilah kami. Pagi itu masih jadi misteri buat gue gimana cara jawab pertanyaan dari permainan segitiga. Kalau kalian mau tau serunya permainan ini, datanglah ke Sumba dan ketemu ama tiga anak bolang itu, Jo, Agus dan Ciput. Djamin migren!

Sunrise yang kami kejar ada di belakang bukit, tempat ruang makan Sumba Paradise. Engga sukses sih menurut gue, dan gue pun cukup mager buat moto. Jadi alhasil gue cuma nikmatin dengan mata telanjang. Dan herannya, pagi dsini kok dingin ya? Ga sedingin minus derajat celsius sih, tapi bkin beberapa orang pake jaket. Dan gue heran aja, wongg Sumba panas kok bisa juga kena hawa dingin. Misteri sih buat gue. Tapi dinginnya ga bikin kaku kok πŸ™‚

Pagi itu gue nikmatin dengan menikmati sunrise dcampur dengan hawa dingin. Beuh, sempurna banged, kurang satu sih… kurang dpeluk. #eeaa (plis jangan muntah). Pagi gue udah cukup sempurna dtemenin geng segitiga di daerah antah berantah dimana kami tidak sama sekalipun dapet signal. Mo dkata pake paket unlimited, yang katanya provider Tsel ada dimana-mana, tapi tidak dtempat ini. Signal pada kabur kecuali kalo kamu bisa nemuin “pohon signal” dsitulah ke-autisan dmulai. Sambil nyeruput kopi, liat matahari pagi, menghadap kolam renang dan alam bebas beuh….nyaris sempurna pagi gue.

Yang laen udah pada siap mau jalan ke Pantai Tarimbang, siap dengan atribut poto-poto lagi, gue masih asik aja nyeruput kopi dan mager. Dan akhirnya gue jadi pasukan terakhir yang siap” buat maen air lagi.

IMG_6758_Fotor
Ga dapet sunset, dapetnya sunrise

This is the best shot di Sumba Paradise saat sunrise, sebelum siap-siap gue minta Kak Jo, potoooin dong. Karena gue mager, males cari kamera. Gimana ga mager dapet view kaya gini?

Gue sama sekali ga punya bayangan, surga macam apalagi yang akan gue lihat nanti. Pantai ..? Yes… udah pasti gue suka! Tapiii apa yang bikin spesial dari pantai ini? Bikin penasaran, deg-degan, karena Sumba ini suka bkin kejutan!

Oke, siap…..? Ini dia surga Sumba yang akan kamu dapatkan di Pantai Tarimbang.

DSCF2209_Fotor
Birunya Pantai Tarimbang

Sebelum cari posisi, gue coba untuk jalan buat hunting foto, ee, terus tiba-tiba punya ide buat di foto dengan background laut, minta jepretin Agus Hong deh, eh eh .. pokoknya gue mau di foto gini bgini (ala ala pengarah gaya), dan hasilnya mejik.. percayakan pada Agus Hong!

DSCF2220_Fotor
Me and the ocean

Beyond my expectation. Biru ini berhasil membuat gue sesek napas karena takjub. Cakepp banged. Begitu sampe seperti biasa temen-temen Fun Adventure dah kocar kacir carai best spot buat foto. Tapi entah kenapa, semangat gue buat hunting foto kandas, dan cuma punya hasrat buat gelar kain pantai terus gegeloran. Aslik. Gue cukup mager buat nikmatin pemandangan ini. Paling cepret sana sini aja. Syarat doang. (pemalas)

DSCF2202_Fotor
Best scene di Pantai Tarimbang

Pohon tua ini entah kenapa bkin lukisan alam di Pantai Tarimbang makin khas. Gak nanya juga sih nih pohon dah berapa lama, tapi yang penting ini pohon jadi iconic banged. Sambil pada asik pota poto di hammock, gue ama Indi tetep pegang style mejeng di atas kain pantai

DSCF2260_Fotor
Makasih Kak Agus Hong buat potonya πŸ™‚ ….

DSCF2255_Fotor

DSCF2254_Fotor
Edisi piknik di Pantai Tarimbang

Pose piknik dan yoga ala-ala selalu jadi andalan, dan tentu saja foto ini taken from the famous Agus Hong. Β Walaupun ala ala tapi pegel juga pose gitu.

Diantara banyak pose dan foto di pantai ini, tetep masih kebawa suasana lohh. Sepanjang garis pantai itu milik KITA. Ga ada orang lain, kecuali bule-bule yang pada surfing. Dan seperjalanan kita menuju tempat terpencil ini, kita ngelewatin rumah penduduk yang sebagian dijadiin homestay buat bule-bule pada surfing. Rumahnya sederhana banged. Kalo kmren di Danau Weekuri kita bajak Kak Jo buat moto-motoin kita, sekarang gue ngerampok Kak Agus Hong buat moto-motoin kita. Hahhaa, dan alhasil, edisi pantai ini keluarlah di Intagram, Path dan media sosial lagi buat ajang eksis dengan maksud ngajak temen-temen lain liburannya ke Sumba aja, atau Indonesia.

Selain itu, hasil bidikan Kak Jo dengan sesi pemotretan ala-ala kita juga bagus loh, pdhal gue rasa dia cuma iseng doang, tapi kita tetep tampil prima walaupun dia iseng. Kita tetep sadar kamera.

IMG_6736_Fotor
Ini tampak samping jepretan Kak Jo

Pokoknya kami terima pasrah aja, yang repot Jo ama Agus Hong. Hhahaa, pokoknya gaes djamin pergi ama mereka seru banged. Dan hari demi hari kami saling kenal satu sama lain dan jadi tau kebiasaan masing-masing. Kaya si Agus ini, orangnya ga bisa diem, literaly ga bisa diem. Adaaa aja gerakannya, adaaa aja yang diomongin. Ampun!

IMG_6738_Fotor
Pasrah di poto, tapi tetep pose.

Ini di foto Kak Jo, lagi enak tiduran, dari belakang .. “Eh On, ngadep sini!” kamera handphone nya siap. Hasil dari kamera handphone aja udah cakep, ini emang bagus tempatnya! Bagus pemandangannya! Segala macem kamera temen-temen dsini semua keluar. Waktunya hunting dimulai.

DCIM100GOPROGOPR2044.
Salah satu kegiatan mantai, adalah foto selfie

Setelah leyeh-leyeh gemes juga gue, akhirnya coba uji nyali maen air ke pantainya, walaupun ombaknya kenceng. Saking kencengnya, kacamata renang gue kandas ketelen ombak. Gone. Nih kenceng banged ombaknya! Timelapse nya Sisco keren banged, tapi gue ga punya file aslinya, cuma dapet ini dari GoPro

DCIM100GOPROGOPR2048.
Ombak Pantai Terimbang yang bawa hanyut kacamata renang gue

DCIM100GOPROG0042088.

DCIM100GOPROGOPR2119.
Hai Om-bak

Ngeliat semua temen-temen dsini seneng banged deh. Semua seneng, semua explore masing-masing. Ada yang maen air macam trio akamsi yang pada berenang ke laut, Mba Fara, Sisco, Mba Fitri, Mas Anto, Shelly, Mas Alex maen ke ujung pantai, pada foto-foto di deket tebing. Bonus Sisco foto pake property papan selancar pinjem bule abis surfing. Hahah .. (sorry Sisco, aib lo gue buka dsini). Pokoknya apapun dilakukan untuk eksistensi dan foto keliatan ciamik. Gue ama Indi sekitaran kain pantai aja. Ellie ama Cik Cenny juga maen pota poto sana sini di sekitaran hammock. Ada yang pada bengong, ngayal. Emang ini tempat yang pas buat ngayal dan bengong.

Abis gue basah, mati gaya lagi nih, ngapain ya?

Akhirnya nemu ide buat poto kaya di instagram gituuu, yang cewek cowok pegangan tangan tapi ceweknya ngadep berlainan arah. Oke, dapet idenya, mari kita eksekusi, karena pasangan gue adalah Indi, maka gue minta Indi potoin.

DSCF2263_Fotor
Take One

Setelah melewati beberapa percobaan, akhirnya GAGAL pemirsa! efek blur ini gue edit, dan keliatan banged sih tangan cewek. Hahaha, gue ga puas! Tapi, gue ga berhenti sampe dsini. Karena liat Kak Jo nganggur. AHA! Mari sini kita berkarya…

DSCF2278_Fotor
BERHASIL

Hahaha, see, emang kalo dpoto ama poto-grapher beneran hasilnya pas … #eea walaupun ini dtambah efek blur lagi, tapi aslinya dah bagus. Sebenarnya sih, ide ini karena gue mo moto gelang yang gue pake “thantophobia”. Sampe dtanya Kak Jo, “Ngapain gelangnya di foto? Emangnya jualan gelang?” ~hadeeeuh

Ini adalah masa-masa terakhir gue pake si “thantophobia” karena sekarang gelangnya ILANG! Entah emang ini jawaban Tuhan atau emang gue ceroboh aja. Gelang ini ibarat totem gue untuk menguatkan gue, cem statement diri aja buat standing alone! (suara dalam hati : “Elo kuat, Ni”)

DCIM100GOPROGOPR2128.
Saking mager poto-poto ga beranjak dari kain pantai

One thing yang hati gue tertinggal disini adalah, Indonesia tuh indah banged ya. Cantik banged ya. Tapi kenapa cuma sebagian orang yang sadar. Kenapa cuma segelintir orang yang mau menjaga lingkungan dan alam ini. Misal kalo pariwisata kita ter-struktur, bener ngejalaninnya dan seimbang gue rasa alam kita lebih dari negara tetangga yang lain.

Sambil nulis ini, gue sekalian inged. Semalem karena ga bisa tidur, gue iseng-iseng join group backpacker dan travel di Facebook. Salah satu grup yang gue join ada sodara gue sendiri, dia adminnya, so dia approve request gue. Kita ngobrol japri dan dia buat pengakuan kalo dia lebih suka keliling luar negeri daripada Indonesia, karena alasan MAHAL! Jujur, dengernya ngenes, ini bukan yang pertama kali gue denger, tapi karena ini sodara sendiri, kok rasanya malu. Dengan bangga dia me-list down negara SEA mana yang blom dkunjungi dan tinggal 3 negara lagi koleksi liburan negara SEA dia komplit. Dengan hati yang kuat, gue jawab, prioritas kita beda. Niat hati emang dari dulu gue mo muter-muter Indonesia dulu abis lulus (beberapa tahun yang lalu yaa cita-cita itu), tapi gak kelaksana karena ini dan itu. Tapi sambil jalan, Anya dah bisa ditinggal makanya gue “nekat” nyamperin indahnya Indonesia.

Ya, mahal selalu jadi alasan mutlak buat turis lokal / nusantara jalan di negerinya sendiri. Buat gue ini sih lucu! Tapi ini adalah fakta. Fakta bahwa ada yang salah dsini, salah mental orang Indonesia bahwa murah adalah jawaban dari segalanya, salah dari segi pemerintah bahwa ini harus dbenahi entah gimana caranya. Bukan berarti gue bkin statement bahwa liburan ke luar negeri salah atau ga bener ya? Sah-sah aja kok liburan kemana aja, tujuannya mana aja bebas, yang penting kalian happy.

Like I said in my Path, traveling itu yang penting bukan tujuannya, tapi pengalaman yang bisa kita dapetin dari pergi traveling itu sendiri.

Selesai main air di Pantai Tarimbang, kita balik ke Sumba Paradise buat rapih-rapih dan cuzz ke Sumba Timur. Begitu sampe resort, yang terjadi adalah kita nyebur di kolam renang yang baruu aja dbersihin. Saoloh. Gak pada sadar umur :p

Semua dah rapih, dah siap. Kita cuuzz jalan. Bye Sumba Paradise, Bye Pantai Tarimbang. Pasti nnti gue akan kesini lagi, (one day)

Jalan yang kita tempuh memang tidak semulus bayangan, karena adegan pecah ban, radiator panas bikin jalan kita tersendat, walaupun kami lelah karena putus nyambung jalannya, tapi semua di bawa fun. Kalopun ada yang tersungging atau kesel ya mohon maaf lahir batin. Karena ini kan salah satu force majeure.

Lewat perjalanan ini itu, jalan yang mayan berliku, kita berhenti di salah satu tikungan mendekati Sumba Timur. Yes, kita ada di Bukit Warinding.

DSCF2325_Fotor
Bukit Warinding, salah satu spot yang dpake buat lokasi syuting Pendekat Tongkat Emas

Biasa, poto-poto lah kita dsini,

DSCF2683_Fotor
With the kiddos
DSCF2334_Fotor
In frame : Agus Hong

Kan, udah gue bilang, emang nih anak ga bisa diem. Ini ceritanya dia lagi belagak jadi jagoan tongkat emasnya. Salooh Gus,…. antara kasian tapi seneng lucu gitu! ga tau emang ini jiwa bawaannya atau emang otaknya gesrek. Aii juga ga paham. Btw, hari ini Kak Ciput udah mulai tumbang, tapi ga mau minum obat. Katanya aku ga butuh obat, aku bukan lemah. Yeahh.. serah lo! Gue rasa sih gengsi aja, anak alam bisa sakit. Tapi ini jadi tips aja, sejago apapun elo sekuat apapun badan elo buat nahan badai yang menerjang, bawa obat ya gaes, at least vitamin. Si Shelly sih yang gue liat rajin minum vitamin C.

Sore ini kita ngejar sunset di Pantai Puru Kambera, tadinya kalo kami datang ksini tepat waktu, kita bisa snorkel. Dan menuju titik snorkel ga usah pake perahu, cukup renang dikit dah bisa ngintip indahnya bawah laut. Woong beneran dpinggir pantai. Kan seruuw, tapi kita sampe dah “gelap”.

Sambil kejar-kejaran, gue sempet ambil foto sunset di padang savana menuju pantai Puru Kambera

DSCF2358_Fotor
No Comment gue, diem 3 detik. And feel the sensation

Tapi gelap bukan berarti kita ga terkesima dengan warna sunset di Puru Kambera. Saoloh. Ini keren maksimal.

DSCF2386_Fotor
Golden Sunset Pantai Tarimbang

Gimana gaes?

Cakep kan Sumba?

Djamin ga nyesel, pake open trip aja yang gampang kalo kalian emang sibuk kerja dburu waktu kantoran. Siapin 5D4N dan budget 3jt buat tripnya sama tiket kurang lebih 4,5jt PP kalian bisa punya moment yang terlupakan kaya gue.

#kangenlaut hari itu dbayar sah! Sah di Pantai Tarimbang, dan sah di Puru Kambera. I’m a very happy #kangenlaut’ers and no longer #butuhmukjizat

9 thoughts on “(Masih) Membisu Karena Keindahan Sumba 3

Leave a Reply

