Happy Bday Mommy Cekcih!

Semua kebanyakan gitu ngucapinnya!

Yesterday was my birthday. And I had a chance to escape (weekend) to Belitung (again). This is my 3rd times in a year. Everyone said : “Belitung like you’re second home”… well for me it’s more like my home sweet home. Hahaha

My bday was June 29, but I got the chance to Belitung at June 27-29. I spent 2 nite at BW Suite Belitung (knows as Aston, they change the management, dunno for sure). This time I have no plans for sure, just relaxing and gegoleran style at the beach with my lovely beloved #babyanya. Just the two of us, our quality time and play around at the beach. And we had so much fun. And she loved it.

~switch off google translate

Hahahaa, kalian pasti udah khatam banged kalo ngikutin cerita gue di awal. Belitung emang bkin gue jatuh hati. Pasti ga kepikiran dan nyangka, kenapa Belitung bisa ada di hati gue. Oke, let me explain with my version :

1. Belitung itu deket.

Belitung sendiri adalah pulau yang terpisah dengan Bangka, tapi merupakan satu kesatuan provinsi. Tadinya Babel (singkatan Bangka Belitung) adalah bagian dari Sumatera Selatan, tapi akhirnya pemerintah men-sahkan Babel menjadi provinsi sendiri pada tanggal 9 Februari 2001 (masa pada rame-rame berita Gorontalo dan Banten juga menjadi provinsi sendiri). Secara letak geografis Babel ini terletak di bagian timur Pulau Sumatra, jadi jangan bingung lagi ya Belitung itu dimana (info lengkap tentang Belitung, silahkan klik dsini)

Karena dekat, ini jadi pilihan gue buat kabur saat weekend, dan tiketnya juga murah. Berkali-kali gue ksini tiketnya ga sampe 1jt. Cukup ada di sekitar 600-800Rb aja. Buat gue, harga ini masuk akal buat liburan cari pantai, karena let say kalo ke Bali, tiketnya aja berapa? hotel? hedon.nya? sewa mobil? tak terhingga deh. Dan buat gue, ke Bali itu liburan dengan tema hedonisme dan jajan kuliner serta ajeb-ajeb style. Jalan ke Belitung ini kurang lebih memakan waktu kurang dari 1 jam. Take off – belom sempet merem – dah landing!

2. Belitung itu murah

Buat yang masih ragu-ragu mau ke Belitung, testimoni tak berbayar gue bilang : BELITUNG ITU MURAH. Murah tempat nginep, murah buat jajan makan, murah buat beli oleh-oleh. Pokoknya murah. Pegalaman ikut pertama kali open trip, 3D2N bareng sama backpackseru cuma 800rb. All-in. Kurang tip sih, tapi worth it. Keliling Belitung pota poto. Endes mak! Itu juga udah termasuk island hoping ke Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Batu Belayar, tapi blom termasuk sewa pelampung dan snorkel 40rb per orang. Dan buat sewa mobil (Avanza) 550rb dah all in ama driver and bensin, gak repot!

3. Belitung itu “adem”

Menurut gue, kota Belitung itu adem (tenang). Jauh dari hingar bingar. Dan penduduknya kalem, gak ber-adrenalin panas, cem orang Jawa aja. Kalem, sekut dan sopan-sopan. Jadi buat perempuan rasanya aman kalo liburan kesana sendiri. Djamin gak takut, dan jauh sekali dari tingkat kriminalitas. Kota ini ga ada angkot omprengan, adanya ya mobil bak kaya transportasi ke pasar gitu dikelola ama warga setempat, 2x jalan (PP) 3orb aja, tapi 1x keberangkatan aja. Lucunya, pergi 8 orang, ya pulang harus 8 orang juga (orang yang sama). Tapi rata-rata orang sana tiap rumah dah punya motor pribadi, jadi secara tingkat perekonomian, mereka cukup sejahtera karena Belitung juga merupakan salah satu kota yang terkenal dengan hasil alam, yaitu timah.

4. Belitung itu “bocah friendly”

Jangan takut kalo ke Belitung repot bawa bocah. Trayeknya gampang. Jalanan mulus, anak juga ga bosen memakan waktu yang lama, dan objek wisatanya bisa dinikmatin ama bocah, even kalo toddler masih oke kok, asal emaknya aja mau sedikit repot. Intinya kalo bawa bocah ga repot. Bisa jadi alternatif anak kalo mo maen ke laut, gak cuma Bali aja kok laut itu.. believe me, masih banyak pasti tempat lain yang “aman” buat ajak bocah maen ke laut. Kalaupun panas, sengatan mataharinya gak setajem silet. Siapin aja topi ama sunglasses dah cukup kok, tapi kalo anaknya metal, ga mesti.

5. Belitung itu Indah

You know, semua pesisir Indonesia itu indah, cakep, mejik perfect! So udah pasti kalo mau wisata alam, khususnya pantai, Belitung salah satu tempat yang wajib di kunjungi. Kalo saya pribadi, effort ke Belitung itu lebiiih gampang daripada ke Karimun Jawa, gak mesti repot dengan transportasi penyebrangan,kan Belitung udah pulau sendiri, paling butuh kapal buat island hopping. Dan banyak juga tempat yang mesti dikunjungin, seperti vihara, kota Kopi di Manggar, rumahnya Ahok (kalo pas kebetulan ada adeknya, rumahnya bisa dikunjungi), dan objek wisata lain seperti Museum Kata Andrea Hirata, replika sekolah Laskar Pelangi, dsb.


HAPPY BIRTHDAY TO MY SELF


Berangkat siang tanggal 27 Juni naik Citilink ga pernah mengecewakan, on time, take off and landingnya juga mulus. Ini dia penampakan kita (gue sama Anya) ketika nunggu boarding, mayann Anya sambil makan siang bawaan bekel Mba Asisten kesayangan.

IMG_7568_Fotor_Collage
Penampakan kami dmobil dan bandara CGK.

Ini udah kedua kali buat Anya jalan ke Belitung, dan dengan driver yang sama, jadi Anya udah familiar dan seneng banged. Sampe sana udah djemput ama driver langganan Pak Saiful. Anya happy banged, pecicilan

IMG_7582_Fotor
Gaya bocah idung pesek sesaat setelah landing di Bandara Hanandjoeddin

Karena sampe juga dah siang kita cuma maen di Pantai Tanjung Tinggi, salah satu lokasi syuting Laskar Pelangi, lokasi pantai yang banyak bebatuannya. Pantainya putih, lautnya bersih, bening dan gak ber-ombak. Ombaknya tenang, jadi tenang buat gegeloran dan aman buat Anya maen air.

IMG_7719_Fotor
Pantai Tanjung Tinggi
IMG_7590_Fotor
Splash baby, Splash at Tanjung Tinggi Beach

Tadinya sih cuma mau maen air ga ganti baju, tapi karena Anya pasang muka melas, akhirnya dbukalah isi koper cari baju renang. Gue ga bawa handuk, alhasil ngandukinnya pake baju bekas pakai tadi. Yaa pokoknya anak alam-lah, bersih-bersihnya di hotel. Anya juga ga “jijik”an kena pasir. Tetep dbersihin secara maksimal sih, tapi ga sempurna karena emang gue ga ready dengan handuk, tapi Anya gak complain. Kita malah gegeloran bersama.

IMG_7585_Fotor
Our beach time at Tanjung Tinggi Beach
IMG_7718_Fotor
Gaya andalan!
IMG_7598_Fotor
Look at her smile, precious!

Emeuz banged kan liatnya, dsuruh foto susah banged, yaa dapetnya candid aja. Seru maen air, akhirnya dengan beberes seadanya, kita balik ke hotel check-in. Jarak antara Pantai Tanjug Tinggi ke hotel BW Suite Belitung kira-kira 20-30 menitlah. Mayan, kita mo sengaja jam buka ada di hotel, biar tenang aja hidupnya.

Sekilas mengenai BW Suite Belitung Hotel, hotel ini memang ada di pinggir pantai, tapi sayangnya, kita ga bisa beneran main air di pantai tersebut, dimana pantai ini masih masuk daerah Pantai Tanjung Pendam. Nyesel deh, pdhal maksudnya gue pilih hotel ini karena pinggir pantai buat gegeloran, ternyata kandas permirsah! Dan infinity pool nya cuma ala ala doang. Buat gue sih beneran mahal doang. Nothing special dhotel ini. Sowwy. Yang membuat gue terhibur cuma ada coffee stal alias cabangnya warung kopi Kong Djie. Mayan. Walaupun gue ga dapet sensasi aslinya di warung kopinya, tapi ya sudahlah. Dan menurut gue, tastenya terlalu manis, karena gue pesen kopi susu. Tapi kadar susunya menurut gue kebanyakan. Tapi kalo bicara soal fasilitas kamar, angka gue 8 deh (ada hot water ama hair dryer)

IMG_7720_Fotor
Deluxe Room, BW Suite Belitung
IMG_7722_Fotor
Kopi Susu Kong Djie

Malam minggu di Belitung gue habiskan dkamar dengan nonton Godzilla di HBO bareng Anya. Sepanjang film itu dputer, nanyaaa mulu… gue kelabakan juga sih di bombardir dengan pertanyaan-pertanyaannya yang spektakuler. Gue memutuskan untuk “membolehkan” Anya nntn Godzilla karena pikir gue Anya kan seneng dinosaurus, jadi unsur kekerasan di film itu hanya fiksi dan gue juga dah jelasin sih mengenai arti sesungguhnya, bahwa itu cuma di film aja, binatang itu ada yang baik ada yang gak, ada binatang yang makan daging, kita manusia ini termasuk spesies apa, bla bla … gue berasa jadi kamus malem itu. Dan kudu pinter cari kalimat dan cara buat dia ngerti. Termasuk saat Anya minta adek! literally gue kelabakan jawab!

IMG_7721_Fotor
Sembari nonton maenan self timer Fujiku

Udah malem, let’s go sleep baby

Besok paginya, kita semangat mo jalan-jalan! Agenda pertama adalah liat lokasi. Lokasi apa? adaaa deh. Hehehe, yang pasti pantai sih, tapi bukan sembarang pantai, gue minta diajak ke pantai yang bukan pantai biasa, bukan tempat wisata yang udah dijamah orang-orang. Kami ke daerah menuju Belitung Timur, ke daerah Pantai Punai. Pantai Punai adalah pantai landai yang ada cottage yang dikelola sama pemerintah, tapi tidak maksimal jadinya. Dan bukan model pantai yang bisa maen pasir dengan ombak gitu, tepi pantainya dibeton. Jadi mana enak ya?

Perfect view di Pantai Punai
Perfect view di Pantai Punai

Lokasi pertama posisinya sebelum objek wisata Pantai Punai. Pasir dijamin putih bersiih, lembut, tapi pemandangannya deket tambak. Ombaknya tenang, gak kenceng, tapi ada perahu nelayan yang parkir dsitu. Bibir pantainya juga oke buat gegeloran tapi pas gue berhenti ga ada pohon rindang yang bisa buat gue ngadem. akhirnya ga lama gue pergi cari spot yang lain.

IMG_7723_Fotor
Area Pantai Punai yang private

Lokasi kedua, tempatnya OKE banged! belokan ke pantainya setelah objek wisata Pantai Punai. Viewnya keren, ada penampakan pasir gosongnya. Ini adalah istilah bagi kontur pasir yang sedikit tampak / muncul saat laut sedang surut. jadi kaya ada pulau gitu, kalo buat poto-poto berasa berdiri di atas laut. Pdhal mah kagak!

IMG_7731_Fotor
#kangenlaut terus bawaannya …
IMG_7739_Fotor
Itu dia penampakan pulau dari pasirnya
IMG_7738_Fotor
Jauh nan ujung sana deket batu, itulah lokasi ombaknya

Enak banged kan ini suasana buat gegeloran. Aslik!

Anya enjoy banged maen dsini, di Pantai Punai yang private. Adalah, kita dbawa ke tempat area yang tidak banyak orang tau, tapi masih dsekitaran objek wisata Pantai Punai. Dsini kita meger banged. Gue akhirnya memutuskan untuk gelar kain pantai kesayangan dan Anya lunch dsini. Seneng banged dia, ketemu puluhan bintang laut, ketemu ikan kecil transparan, ketemu juga ikan jarum (versi gue) dan biota laut lainnya. Yang seruu juga, dia explore sendiri, maen sama ombak kecil lompat-lompat sendiri. Lucuu deh.

IMG_7734_Fotor IMG_7736_Fotor

IMG_7605_Fotor IMG_7607_Fotor IMG_7606_Fotor_Fotor IMG_7608_FotorGaya-gaya ini gak dsuruh loh, dia inisiatif aja sendiri. Ahh, cepet banged sih anak ini gede, pinter banged! malah jadi kepikiran buat gue gaya ama Anya edisi loncat-loncat.

IMG_7628_Fotor_Collage_Fotor
Thanks to tripod

Di tepi pantainya, Anya juga maen siram-siraman ama gue, padahal gue ga bawa baju ganti. Basah deh, tapi gue dapet moment ini ama Anya.

IMG_7604_Fotor IMG_7603_Fotor IMG_7619_Fotor

Ini kalo tau ceritanya, baju gue ditarik-tarik biar bisa dsiram sama dia, dan gue ngumpet di balik pepuunan ini, mangroove apalah gitu tapi yaa basah juga sih. Lebih ke pasrah! But, I love this moment. Pilihan yang tepat gue weekend gateaway ama Anya ksini. Selain gue bisa ajak anya maen ama alam (laut) misi gue juga dapet tempat private di Belitung kesampean. Yes!

Ini bentuk asli kami b2an maen disini sambil nyuapin Anya. Minta tolong potoin Pak Saiful. Hehehe

IMG_7735_Fotor
Kerjaannya bolak balik di pantai

Akhirnya gue sadar diri, setelah bersihin Anya ala kadarnya. Kita mau lanjut ke Manggar, Belitung Timur, tapi apa daya, gue ga berhasil karena blom sampe sana, udah jam 16.30. Akhirnya gue putuskan untuk balik hotel lagi, buat sunset-an aja di hotel, yang mana gue kecewa karena sunset yang gue dapet adalah kepala orang pada renang di “infinity pool”nya. Gak sukses, tapi dtemenin ama kopi susu Kong Djie dan Anya yang sedang asik maen. Tapi, ini sepenggal poto yang bisa gue dapet sore itu.

IMG_7741_Fotor
Sunset view dari BW Suite Belitung

Yes, ini malem tanggal 28. Harapannya sih gue bisa tetep melek sampe jam 12.00 malem arep-arep ada yang kasih suprise. #ngimpi

Tapi, perjalanan ini adalah hadiah gue. Dtemenin Anya, maen sama Anya. Becandaan ama Anya, ini priceless buat gue. Kata orang, gue sama Anya tuh kaya kakak-adek. Gue seneng banged bisa berarti sesuatu buat Anya. Di tambahnya umur gue ini, gue punya partner in crime, yes …. She is one of my partner in crime. Hahha, termasuk ngebolang ksini. Anya anak pintar, anak cerdas dan sehat! Bangga banged gue ama dia, sekecil ini dengan sendirinya minta les piano, dan masih berlanjut terus udah 8 bulan dan sekarang minta les melukis. Semoga gue bisa wujudin apa yang dia mau, dan sukses bikin Anya jadi anak “SESUATU” ,…. Amiiiin.

Jangan sedih, sebelum jam 12 aja gue dah teler, tapi udah siap semua buat cuz jam 6 karena ngejar first flight jam 07.30. Kan langsung masuk kantor. Dan Alhamdulilah, gue sampe bandara tepat waktu, bahkan kepagian dan bandaranya MASIH TUTUP! Ini prestasi buat gue!

IMG_7640_Fotor
Prestasi ga ketinggalan first flight!

Seperjalanan pulang Alhamdulillah lancar dan gue masuk kantor secepatnya.


Seharian Senin kmren gue dapet ucapan ulang tahun marathon, dari wasap, path, facebook, instagram, twitter dan sms. Terima kasih tak terhingga buat para sodara, sahabat, teman yang selalu ada buat gue, ada buat gue bahkan dsaat gue tahun lalu semedi ngilang dalam rangka reinkarnasi masih menerima gue apa adanya. Semoga doa dan ucapannya terkabul! Aamiin.


#kangenlaut edisi ulang tahun ini terbayar sah dengan mendapatkan spot pantai baru! nemu harta karun gue! Dan semoga milestone gue berikutnya tercapai dan sukses bahagia!

C’mon kita list down lagi misi #kangenlaut selanjutnya,… mari persiapan dmulai!

8 thoughts on “Happy Bday Mommy Cekcih!

  1. LAFF ❀ apalagi foto pake tripodnya!
    eh bener euy On, gue kan ngasih link blog Belitung lo sebelom ini ke nyokapnya cowo gue yah, terus dia bilang "Itu ke Belitung sama papa dan adeknya yah?"

    (((ADEK)))

    awet muda lo! hahaha.. happiest birthday dear Oni, semoga semua cita-citanya terwujud dan tetep bikin iri dengan episod2 #kangenlaut selanjutnya!

    Like

    1. Keren banged Mas,
      Di Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Punai (private) itu banyakan pasir, jadi biota laut yang bisa dtemuin adalah bintang laut dan ikan-ikan kecil. Kalo mau snorkel di Belitung, best spotnya adalah di area Pulau Lengkuas, itu ikannya bwanyak banged dan ga takut ama manusia πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s