#BasahinInsang

Pulau Pramuka,

Pasti udah sering denger kan? Merupakan salah satu jajaran nama pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Apa yang membuat gue kesini? Gue kesini karena mo ambil license diving Open Water (Owe) yang dulu sempat “angus”.

Flashback,

Gue kenal dan nyelem pertama kali (discovery) pada tahun antara 1997 – 1999, waktu itu ceritanya, kami sekeluarga (bokap, nyokap dan kakak gue) napak tilas ke Jayapura, Irian Jaya. Dulu bokap pernah dinas dsana dan kakak gue sempet sekolah dsana, gue sih blom lahir pada masa itu. Dan kami sempet mampir ke Biak. Nah, di Biak itu lah gue diracunin nyemplung ke laut. Masih bocah, ga ada takutnya! Hayuk aja di ajak diving, padahal nih yaa… awalnya gue ga tau diving itu apa? gimana? ngapain? en musti prepare apa! Kakak gue aja ga ikutan, karena takut.

Alhasil semua alat itu nempel di badan dan kita mulai latihan di kolam renang dulu, 1 jam’an lah kalo ga salah latihannya, dan akhirnya abis itu dbawa turun ke laut. Dengan ddampingi oleh Dive Master (DM) turunlah mungkin sekitar 10-20 meter gue lupa. Yang pasti…. pemandangannya MENAKJUBKAN!!!!! Objek taman bawah lautnya, wall, hmm, dinding gitu, karangnya baguss baguuusss banged!!! Warna warni ikan-ikannya juga banyak, Duh, pokoknya ketjeh! (sayang dulu blom punya Go Pro~). Dan sejenak gue merasakan seperti Ariel si Princess Under the Sea itu. Gue ampe ga mau naik, jadi inget! Gue mana ngerti waktu itu deco time, batas aman sisa tabung bla bla… alhasil nurut juga diajak naik.

Semenjak itu, gue bertekat HARUS DIVING LAGI!

Jadi semangat dan makin cinta sama laut dan pantai….

Tahun-tahun berikutnya, diving cuma ala ala doang, blom dseriusin, sampai suatu ketika, mo ambil license di Bali sama Om Jo. Udah kolam, udah teori, di Bali udah 2x dive… eee…. Bgitu mau dlanjut ke Pramuka, akik hamdun. Ga jadilah itu license. Tapi gapapa…….

Dan

Akhirnya, kmren, 22-23 September gue berhasil dapetin owe gue dari SSI dengan instruktur Om Kibaw dan tim di Pulau Pramuka. Dan ini merupakan “paksaan” gue karena persiapan buat ke Manado yang mengharuskan gue untuk ambil gambar diving. Gue sebenarnya bisa, tapi untuk amannya, dan emang harus punya juga. Akhirnya “ngebet” banged mesti kudu wajib hukumnya punya license biar bisa bebas kemana-kemana nyelem. Buktinya, sayang kan kmren udah di Aceh, tapi ga sempet nyelem. Hikz!

Eniwei, cerita refresh diving gue ini super kilat juga, gue kontak satu orang ke orang lain, yang akhirnya membawa gue ke Om Kibaw untuk latihan dulu di kolam hari Rabunya (sebelum berangkat di Pramuka). Nonton video dulu, djelasin lisan ama Om Kibaw en nyemplung ke kolam. 1x ritual dan akhirnya gue lolos dan bisa diikutkan ke Pulau Pramuka, weekendnya. Seneng dong akik.

Tibalah weekend itu,

Gue kucluk aja PEDE nyamperin tim yang udah duluan ksana, jadi ceritanya ada 3 orang yang ambil owe juga dan gue nimbrung ke jadwal mereka. Iget, Anka dan Sandro. Fani dan Koh Steve ambil tingkat rescue! Sadhis.

Pertama-tama, kami masih canggung, lama-lama gesrek semua juga. Hahaha…. Dsanalah gue bertemu dengan diver-diver master, ada Om B’gonk, Om Ori, Om Amet, dan lainnya.

Geng Rusuh SSI, seruuw
Geng Rusuh SSI, seruuw

Bgitu abis nyebrang, kami istirahat dulu, dan jam 10.00 kita udah siap buat penyelaman pertama. Di penyelaman pertama gue telat equi, jadi kuping kiri sakit (Equilizing ini fungsinya untuk menetralkan tekanan di telinga karena adanya dorongan, kan kita makin ke dalam, tenaga tekanan makin naik). Ketinggalan deh liat nemo pertama kali. Tapi gue liat si belut laut, kaget juga ternyata di Pramuka ada. Di penyelaman pertama inilah gue di tes “kepanikan” oleh Om B’gonk. Gimana cara antisipasi kalo regulator copot, kalo pasang masker dalam laut, kalo masker bocor, dsb. Akik??? Lulus dong, lancar,…. walopun sedikit panik dan “buta” karena ga pake soft lense dan visibility di Pramuka mayan butek πŸ˜›

Penyelaman kedua masih di tempat yang sama, tapi kita explore lebih jauh dan lebih dalam, equi gue aman tapi yang masih parah adalah naik turun mulu nih. Masih yo-yo kalo kata Om Ori. Buoyancy gue masih parah. Hahahah …. akhirnya minta tips sana sini biar bisa prima ddalam laut.

Dan bginilah penyelaman gue di Pramuka, hahaha,,, thanks to Om Bagonk buat poto-poto nya dan GoPro Anka, gue emang ga bawa GoPro karena konsennya mau tes, ujian…alias rempes juga. Wong mikir gimana caranya lulus tes, mana kpikir buat poto-poto dalem laut … hahaha

DCIM114GOPRO
Terumbu Karang di Pulau Pramuka, prihatin, tapi yaa mau gimana lagi?
DCIM114GOPRO
Sempet bergaya, padahal masih yo yo nyelemnya!
DCIM114GOPRO
Yeeeyy, #basahininsang
DCIM114GOPRO
Anemon Fish / Clown Fish yang banyak dlihat di bawah laut Pulau Pramuka

Self note buat gue adalah, laut ini punya orang banyak, masyarakat umum. Kalau bukan kita secara individu yang jaga, alam semesta ini akan marah kalo terus-terusan bumi pertiwi ini dsiksa. Secara gak langsung kalo kita nyelem ga pake perasaan, sama aja “kita” sebagai penyelam juga penyebab kerusakan biota alam ini. Jadi sebagaimana mungkin “kita” harus meminimalisasi kerusakan itu. Contoh kecil adalah, jangan buang sampah (apapun) ke laut, jangan pegang karang / sengaja mengambil ikan hias nan cantik dari dasar laut, yaa semacamnya kaya gitulah.

Pernah ada kejadian, waktu gue di Derawan, adegan snorkeling, ada turis lokal yang sengaja berdiri di atas terumbu karang. Alasannya capek euyy dan dia-pun pake “fin” alhasil dimarahin bule asing saat itu juga! Kita boleh menikmati indahnya alam bawah laut, tapi kitapun juga yang harus menjaganya!

Setuujuuuu…….? (teriak cem kampanye!)

DCIM114GOPRO
Ini dia, sang penyelam owe (ki-ka) Sandro – Iget – Gue – Anka

Buddynya padahal Gue – Sandro dan Anka – Iget, tapi yang terjadi adalah dbawah laut kita ketuker terus ……

Siap-siap mo ke boat
Siap-siap mo ke boat
Lagi mau ke tempat penyelaman di tengah laut
Lagi mau ke tempat penyelaman di tengah laut

Bgitu persediaan tabung kita menipis, kita naik ke kapal dan alhasil bercerita banyak mengenai kejadian-kejadian dbawah laut. Om Ori yang kerjaannya narik-narik gue mulu karena masih yoyo, Sandro yang fin nya copot ga berasa, ada-ada ajalah pokoknya. It was great and fun!Β 

DCIM100GOPROG0110393.
It’s wrap!

Dan akhirnya kita pun selesai, lolos dengan 4x penyelaman dengan selamat. Semua happy semua senang. Apalgi ujian teorinya, sampe master diver turun tangan. Hahahah…

Thank you so much mi new familia, SSI #BasahinInsang …..(nemu hestek baru slain #kangenlaut)

Dtunggu trip selanjutnya buat menuh-menuhin log nih….#Gaya

Jadi misi gue selain #BasahinInsang, tapi juga membayar #kangenlaut di Pulau Pramuka.

4 thoughts on “#BasahinInsang

  1. akhirnya Onyi ngepost lagi yeaaay
    OMG jadi tesnya itu ampe dicoba dibikin panik gitu ya? tapi emang seharusnya gitu kali ya jadi kalau kejadian beneran di laut tetep kalem.

    aku pengen tapi aku takut huahahahaha

    Like

    1. Hahaha, setelah ada “waktu” Cath, akhirnya ngepost lagi :p .. maksudnya sih biar kita siiyap dengan segala kondisi dbawah laut. Tipsnya adalah selama kita bisa napas dengan alat regulator (yg dmulut) everything will be fine πŸ™‚ … asal bisa berenang maah aman deh!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s