Weekend Yuk goes to Gili Matra

Hidup dengan beban utang tuh ga enak ya? šŸ™‚

Gue masih punya utang banyakk nih buat share pengalaman trip, kali ini yang mau gue ceritain adalah pengalaman ke Gili Matra, Lombok.

Akhir 2015 gue diajak Weekend Yuk untuk diving, explore wisata bawah laut alias #BasahinInsang. Setelah kmren dari Padang, undangan kamii dari KKP lanjut ke Gili untuk melihat dan mengedukasi konservasi laut yang sekaligus juga menjadi titik potensi pariwisata bawah laut.

DSCF6025_Fotor_Gili
Dengan salah satu nara sumber dari KKP cabang Gili, Lombok
DSCF5957_Fotor_Gili
Biar keliatan kerja… hahaha

Gili Matra adalah gabungan nama dari 3 pulau kecil yang berada di Lombok, yaitu Meno, Aer dan Trawangan. Gili sendiripun artinya adalah Pulau Kecil. Daerah ini memang terkenal sebagai destinasi wisata. Mana pantainya ketjeh, skills.. buat tempat gegeloran dan party juga sip! KaloĀ  mau suasana Bali kecil, pilihannya adalah Gili Trawangan. Kalo mau rada selow, sans tapi tetep dapet privasi ya ke Gili Aer. Tapi buat yang honeymoon, pilihannya adalah Gili Meno. Asli sepi nget! kalo dbanding sama Gili Trawangan. Transportasi pindah-pindah dari satu Gili ke Gili lain adalah menggunakan speed boat. Dan di Gili Trawangan ada juga kapal cepat ketjeh yang bisa nyebrang ke Padang Padang, alias Bali. Jadi sudah cukup okelah transportasinya. Makanya banyak wisatawan asing yang dateng.

DSCF6098_Fotor_Gili
Transportasi di antar Gili – Bali

Salah satu spot yan gue datengin buat diving adalah Turtle Point, dimana gue dengan mudahnya liat Mr. Turtle berkeliaran ksana kemari. Bahkan gue liat yang super gede lagi enak banged tidur di tempat favoritnya. Kata buddy gue, emang tempatnya selalu dsitu dia. Lucu banged deh, dan jadi pengalaman seru banged.

Dan dengan hebatnya si Mas Popo sang campers sigap ambil gambar gue dari segala angle, gue nya maah asik aja maen liat-liat si penyu.

Di sini gue juga diving di spot yang banyak wreck nya, gak dalem kok, masih ketembus sama cahaya matahari. Dan tempatnya ketjeh banged buat kepentingan ambil gambar. Banyak ikannya, banyak spotnya dan gampang banged arusnya. Jadi literally happy banged gue dsini. Sebagai anak diving amatiran, diving dsini gue berasa expert banged. Hahahaha ā€¦

Ini dia video gue #BasahinInsang di Gili

Selain maen di bawah laut, gue dsini juga nambah ilmu bagaimana cara meng-organize sampah. yesā€¦ sampah! Selama ini kita cuma tau kalo daerah lokasi wisata yang bagus2nya aja, tapi pernah gak kepikiran gimana cara sampah dari kita pengelolaannya gimana?! Ternyata di Gili, ada satu lembaga, satu organisasi yang ngurusin masalah gituan, dan serius dkerjain.

DSCF6078_Fotor_Gili
Tumpukan sampah di Gili Trawangan

Ternyata sampah-sampah itu dbagi-bagi golongannya karena dpikirin buat bisa di jadiin apa biar berguna. Botol-botol pecah belah bisa dbuat jadi semen ternyata. Yaa gitu2 deh. Jadi beneran 3R. Salute gue! Dan yang bkin malu adalah, penggagasnya adalah orang bule, yang sudah ke-Indonesia-an. ~cry

Selain main air di pantai-pantai Gili, gue juga sempet mampir ke Gili Meno Bird Park. Ini juga punya pribadi, orang asing yang nikah sama orang Indonesia. Pecinta burung, jadi secara swadaya mendirikan tempat ini. Karena tujuannya untuk pemeliharaan daripada diburu. Dan mereka beli secara legal. Lagi-lagi orang asing yang peduli sama ginian! ~cry lagi.

DSCF6194_Fotor_Gili
Gerbang masuk Gili Meno Bird Park

Jadi pengalaman di Weekend Yuk tuh beragam banged, gak cuma sightseeing alam aja, tapi kita juga peduli en concern dengan keseimbangan alam ini.

DSCF6161_Fotor_Gili

Jadi, jangan lupa tontonin terus ya Weekend Yuk di Kompas TV setiap hari Minggu jam 10.30.. kalo pas lagi ga ada gue berarti itu collage episode2 sebelumnya. Hahahaha ā€¦..

Lavv yu all ā€¦.

Tunggu cerita gue selanjutnya ya, either sama KompasTV or jalan-jalan random aja.

4 thoughts on “Weekend Yuk goes to Gili Matra

  1. Oalah. Baru tau 3 gili itu bisa disingkat jadi Gili Matra! Hahaha. Taun lalu main ke Rinjani, tapi ga sempet main ke 3 gili ini. Hiks. Nampaknya enak buat males2an habis naik gunung.

    Btw. Kalimat pembukanya menohok ya… *inget banyak utang tulisan*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s