NEXT Trip Batch 1 Goes To Belitung

Here we go, …

Perjalanan ke Belitung kali ini adalah tugas negara dari #NEXTTrip buat guide peserta dari Bengkulu untuk explore Belitung. YES… finally…. setelah beberapa kali bolak balik ke Belitung buat halan halan. Kali ini gue berkesempatan untuk sharing pemandangan indah Belitung ke 7+1 peserta dari #NEXTTrip.

Tanggal yang kita set adalah 26-28 Feb 2016. Harga yang kami tawarkan IDR 2.750.000 all-in. Include tiket pesawat, hotel bintang 3 (MaxOne Belstar), island hopping + snorkel, bfast Mie Atep, Kopi Ake dan transportasi selama 2,5 hari dsana.

Pertemuan pertama kami dengan peserta yaitu di Bandara Soekarno Hatta terminal 1C, karena pilihan terbang kami adalah dengan maskapai Citilink. *udah langganan banged sih emang, selain harga, on time terus. Gak nanggung’’ pilihannya,, yaitu jam 5.55 subuh buta. Hahahaha lebay. Sayangnya bgitu kita sampai Tanjung Pandan diguyur hujan yang mayan deres. Jadi gue berharap hujannya juga ga lebay dan peserta tetep happy.

7 Peserta purely dari Bengkulu, 1 manusia tambahan yaitu Bowwie yang notabennya adalah anak #NEXT yang mau jalan-jalan eksis dan bantuin gue dalam trip ini jatuhnya ….. (thanks ya Bow…)

Tiba, means day 1 di itinerary… so, begitu sampai gue sudah sigap untuk kontak Pak Iwan yang jadi driver kita selama dsana, karena Pak Saiful sekarang sudah kerja di Bangka. Mobil yang kami sewa adalah Toyota Hiace. Menurut driver sana, mobil ini lebih bagus dan AC nya dingin dbandingkan dengan ELF. Toh harganya juga beda tipis banged. Dan emang bener lebih bagus.

Destinasi pertama kita adalah sarapan. Maunya sih di Mie Atep, tapi ternyata belum buka, akhirnya kita detour ke Mak Janah. Di daerah Bunderan Satam. Mak Janah ini adalah warung makan sedia makan nasi rames-an gitu dan menu andalannya adalah Soto Belitung. Sebelahnya ada Kopi Ake, mayan juga. Jadi sekaian deh, nyarap skaligus ngopi. Tapi karena jam bfast di Mak Janah penuh banged dan antrinya lama. Jadi makin laper deh. Hahahaha….

Abis dari Mak Janah kita kabur untuk explore Belitung Timur. Seperti kebanyakan wisatawan lain, explore darat kali ini kita ke sekolah replika SD Gantong di Film Laskar Pelangi. Sekarang maen kesini kena pungutan IDR 3.000/orang. Tapi sudah diimbangi dengan fasilitas lebih baik sih, ada warung dan musholla serta proper toilet. Dsini kita asik cari spot pota poto biar eksis di Instagram.

IMG_1493_Fotor_NEXTTrip_batch1
Candid by Bowwie di dalam kelas replika SD Gantong, Laskar Pelangi

Gak lama dsini abis pada poto adegan hormat sama bendera merah putih, kita langsung menuju Museum Kata Andrea Hirata si empunya film Laskar Pelangi. Karena ini hari Jumat, dan depan museum ada mesjid. Jadi kami memang lama dsini. Skalian nungguin Jumatan. Untung juga ada Kopi Kuli jadi bisa jajan dsini. Menurut gue, kopi dsini ga bgitu enak, tidak seenak Ake apalagi Kong Djie. Tapi kami dsini bebas pota poto karena tempat” dsini selain memberikan ilmu sastra hasil karya Andrea Hirata, lokasi dsini warna warni dan banyak tempat poto yang instagram-able banged. Untuk masuk kesini, tidak dipungut biaya, namun memberikan “sumbangan” secara sukarela. Kalau gue perhatiin setiap gue ksini, pasti ada aja “koleksi” yang baru. Pasti ada aja spot baru yang dbuat. Jadi tempat ini bener-bener menyenangkan dan terus berinovasi biar ga bosen dan makin banyak orang mau dateng ke Belitung.

IMG_1602_Fotor_NEXTTrip_batch1
One of the best spot di Museum Kata

Abis Jumatan, sebelum maksi kita mampir ke Kampung Ahok dan poto sebentar di depan rumah Ahok. Jalan sedikit ke sebelahnya ada rumah produksi Batik Simpor. Dan, pada asik belanja kaos deh dsana. Hahaha, bukan karena apa-apa, tapi emang karena pada ga bawa baju “salin” aja…. jadi hasrat shopping muncul. Buat gue, harganya mayan pricy, tapi dengan kualitas kaos yang bagus jadi mayan lah. Gue dsini beli kerudung batik Simpor IDR 100.000. Mayan … Depan rumah Ahok sekarang ada tempat oleh-oleh juga yang bangunannya berupa rumah adat khas Belitung. Cem rumah panggung kebanyakan. Jadi kita dsini numpang poto deh.

IMG_1656_Fotor_NEXTTrip_batch1
Mampir ke Rumah Ahok
IMG_1674_Fotor_NEXTTrip_batch1
Shopping di Batik D’Simpor
IMG_1678_Fotor_NEXTTrip_batch1
Kampoeng Ahok

Abis dari sini panggilan perut sudah ga bisa dtolak, akhirnya kita menuju Pantai Serdang buat makan di pinggir laut. Lokasi ini dulu pernah jadi pemberhentian terakhir Sail To Morotai. Pantai laut lepas tempat para nelayan berlabuh. Kami makan di resto Rudi Pakistan. Makanan seafood, yang enak dan mayan rasanya. Dan menu yang jadi favorit kami adalah sayur genjer. Hahaha… doyan! Selain itu kepitingnya juga juara sih. Olahan yang kami pilih adalah Kepiting Saos Belitung. Ternyata rasanya cem saos padang gitu, pedes pedes gimana gitu. Menurut gue ga sepedes saos padang sih.

Sebelum balik lagi ke kota Tanjung Pandan yang memakan waktu 2 jam, kami sempet2in liat Vihara Dewi Kwan Inn deket Pantai Membalong. Sayangnya patung Dewi Kwan Inn nya belum selesai, tempatnya masih dalam proses pemugaran. Jadi kita ga lama dsini. Dari situ pindah sebentar ke Pantai Membalong yang cuma gitu doang lewatnya. Pantai-pantai di Belitung Timur memang tidak semenarik Belitung Barat yang banyak batu-batu besar berserakan. Jadi, yaa… mereka biasa aja. Cukup dalam level “cukup tau aja”

Udahannya dari sini, kita sebenarnya masih sempet buat ngejar sunset, tapi karena kita dari pagi udah non stop, akhirnya kami putuskan untuk check-in hotel. Istirahat sebentar dan jam 8 PM. keluar lagi buat cari makan. Waktu istirahat yang sebentar gue sama Bowwie iseng jalan ke sebelah nemu makanan cemilan baru, yaitu kepiting isi (Ketam Isi). Jadi kepiting-kepiting kecil badannya diisi sama daging kepiting yang sudah dproses dengan telur. Jadi konsepnya kaya tahu isi, tapi ini yang jadi “badannya” adalah tubuhnya kepiting itu sendiri. Enak deh. Nambah-nambahin angka kolesterol. Hahahaha ….. Nama tempatnya adalah Ketam Isi Adena di Jl. Sriwijaya.

Makan malam hari pertama, tujuannya adalah Warung Bang Pasha di Tanjung Pendam. Cari yang gampang dan enak bisa pesen sesuai selera sendiri dan harganya reachable. Aman dikantong. Sebenarnya objek Tanjung Pendam ini bgini” aja, tapi tempat ini adalah hang out place anak muda Belitung. Kalo Sabtu-Minggu pagi banyak orang ksini buat lari lari lucu, sedangkan malemnya buat pacaranlah, pentas seni lah,… ya macam-macam kegiatan yang bisa dlakukan lah dsini. Cem Senayan atau Soemantri nya Jakarta.

IMG_1696_Fotor_NEXTTrip_batch1
Dinner di Warung Bang Pasha, Tanjung Pendam

Hari berikutnya di Belitung emang udah waktunya buat main air. Dan hari itu cuaca bagus banged. Terang benderang. Cocok banged buat maenan di Pantai dan Pulau dan Laut. Penyebrangan kita lakukan pasti dari Tanjung Kelayang. Dan seperti biasa kapten kapal favorit gue, Pak Taufiq sudah siap, dan kali ini beliau bawa ABK. Hahaa… Manusia-manusia Bengkulu ini emang ga bisa liat laut lepas, bgitu nyebrang baru sampe ke “batu” pertama yang bukan tempat berenang atau snorkeling, udah pada nyebur aja gitu… hahaha…. karena mereka seneng liat pemandangan dan air lautnya Belitung yang berwarna toska itu. Siyok gue. Cem anak pulau tingkahnya. Hahaha jadi gue ga worried buat ajak mereka basah-basahan. Bulan ini emang ombaknya saoloh. Gwede banged. Jadi pas kita menuju ke Pulau Lengkuas, itu ombak dan arus tinggi banged dan cipratan air laut menerjang ombak udah sampe ke ubun-ubun, alias kita udah basah duluan sebelum sampe ke Pulau Lengkuas. Dan kita semua ga takut, malah ketawa ketiwi. Karena liat kapal sebelah yang isinya ibu-ibu pengajian pada putbal karena gak tahan nerjang arus yang kenceng banged.

IMG_1702_Fotor_NEXTTrip_batch1
Sebelum nyebrang island hopping. Signage di Pantai Tanjung Kelayang
IMG_1727_Fotor_NETTrip_batch1
Langsung terjun aja gitu liat warna birunya laut Belitung

Sampe di Pulau Lengkuas, semua seneng banged. Udah pada asik pose ala ala baywatch. Semua spot dbuat photo. Spot pertama turun dari kapal udah pada “ngelesor” di bibir pantai tempat kapal bersandar, abis itu lanjut pindah ke tempat yang lebih adem buat berenang-renang snorkel, abis itu gak lama kita naik ke mercusuar. Tiba di atas mercusuar, semua gadget yang bisa buat moto dkeluarin semua! Kamera, GoPro sama handphone semua dpake. Selama batre masih ada semua dkerahkan. Hahaha… semua takjub dengan pemandangan dari Pulau Lengkuas! Note : maen di mercusuar ini emang kudu sabar dan pinter karena emang tempatnya sempit dan sekarang udah djaga di bawah untuk bisa atur flow keluar masuk orang biar di puncaknya gak sesek orang. Bgitu puas pota poto kita turun untuk pindah spot poto di batu-batuan. Siang-siang bolong ga peduli panas, pokoknya mesti PHOTO! Hahahaha ……Selesai! Kita pindah.

IMG_1776_Fotor_NEXTTrip_batch1
Pulau Lengkuas
IMG_2021_Fotor_NEXTTrip_batch1
Pulau Lengkuas (bawah)
IMG_1867_Fotor_NEXTTrip_batch1
View dari atas mercusuar di Pulau Lengkuas

Sebelum makan siang, Pak Taufiq sang kapten bilang kita snorkeling dulu yaa…pdhal laper. Alhasil cemilan yang kita bawa buat ganjel sementara naga diperut dah teriak-teriak. Bgitu nyemplung di spot snorkeling… pada ga inged kalo laper. Haahahahaha …….. sana sini, renang sana sini. Hahahaha…. skills lah pokoknya. Rame sih emang karena banyak dengan orang lain, tapi mereka nemu spot sendiri dan lihat banyak jenis ikan yang berkeliaran di situ.

Akhirnya kamipun tiba di Pulau Kepayang buat isi perut. Di Pulau ini ada 2 tempat makan, depan dan belakang. Hasil kesepakatan bersama mereka pilih yang belakang. Abis pesen makan, sambil nunggu makanan yang lama datengnya, kita pada kocar kacir ksana sini liat pemandangan dan maenan floaties yang dibawa sama Bowwie. Makanan datang habis sekejap. Abis itu kita jalan, pindah ke depan, dan masih sempet buat maen air sambil poto’’ sama floaties.

Selesai dari Pulau Kepayang, kita masih mampir ke Pulau Batu Belayar. Dsini, selain kita poto di batu yang berbentuk layar kapal, kita juga poto bintang laut terbang. Ini ide dari si ABK Pak Taufiq. Dan semua orang dsana pada ngeliatin keseruan kita. Seru deh pokoknya.

IMG_2298_Fotor_NEXTTrip_batch1IMG_2275_Fotor_NEXTTrip_batch1

IMG_2314_Fotor_NEXTTrip_batch1

Waktu udah lumayan sore, akhirnya kita putuskan untuk segera balik ke mainland buat ngejar sunset di Pantai Tanjung Tinggi. Lokasi lari-larian di film Laskar Pelangi. Sampai sana kita “kepagian”. Tapi justru jadi previllage buat kita, bisa ambil tempat strategis nunggu sunset. Sore itu kita emang ga dapet sunset bulet karena ketutup awan. Tapi momennya tetep mejik. After sunsetnya masih kece.

IMG_2410_Fotor_NEXTTrip_batch1
Pantai Tanjung Tinggi
IMG_2453_Fotor_NEXTTrip_batch1
Sunset di Pantai Tanjung Tinggi

Udahan liat sunset, kita bablasin buat cari oleh-oleh. Semua pada sayang anak, sayang keluarga. First stop kita ke Belitong Outlet buat cari kaos dan pernak pernik. Udahan dari situ cari snack yang udah jadi langganan beli krupuk’’an. Selesai belanja belenji kita makan di Mak Panggong makan nasi dulang yang jadi makanan khas Belitung. Kenyang sudah, happy sudah, saatnya balik hotel buat istirohat. Day 2, selesai dengan sempurna.

Minggu, bsoknya kita pulang balik Jakarta. Sebelum kita ke bandara sempet mampir buat sarapan di Mie Atep dan mampir juga ke Danau Kaolin. So, thank you banged buat semua yang udah jadi keluarga NEXTTrip. Tetep update ya sama kita, dan ikutin terus perjalanan kita selanjutnya….

IMG_2456_Fotor_NEXTTrip_batch1
The famous Mie Atep
IMG_2466_Fotor_NEXTTrip_batch1
Danau Kaolin

Jangan lupa follow IG NEXTTrip ya, di @nexttrip2016.. untuk info open trip selanjutnya bisa kontak Adhi di 082112902161

IMG_1711_Fotor_NEXTTrip_batch1
Special thanks to Bowwie

2 thoughts on “NEXT Trip Batch 1 Goes To Belitung

    1. Bahahaha ….. kan Belitung rumah ke-2 gue. Yukk ah kapan lo ke Belitung… kita #kangenlaut bersama 🙂 aslinya dia emang orang Bangka. Yang Belitung istrinya… yuk ah, gue tunggu wasap lo …. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s